Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak

Posted On November 30, 2010

Filed under Uncategorized
Tags:

Comments Dropped leave a response

Ini dia yang ditunggu-tunggu. Ada 3 Lo Cara yang boleh dicoba supaya daya ingat otak kita bisa meningkat dan kita nggak jadi pelupa lagi deh… mau tau yuk kita lihat apa aja Sih???
1) Mengingat sesuatu
Kamu tau gak sih, bagian otak manakah yang mengatur daya ingat??? Jawabanya ya pasti adalah Otak Kanan kan… sering-seringlah menggunakan Otak Kanan yaitu untuk mengingat-ingat sesuatu. Karena dengan terbukanya Otak Kanan, semakin muda pula kita mengingat. Di mana Otak Kanan adalah gudangnya Kreativitas kaya kita-kita ni dan spontanitas, sedangkan Otak Kiri sukanya menganalisis dan banyak pertimbangan. Nggak heran kan, kalo kita kebanyakan bekerja dengan menggunakan Otak Kiri ujung-ujung ya Otak Kanan jadi jarang aktif. Alhasil Jadi Pelupa Deh..
2) Ilustrasi
Hmm… untuk meningkatkan daya ingat, coba ilustrasikan sesuatu sampai kita teringaat hal-hal yang terjadi di masa lalu. Buatlah coretan-coretan sesuka pikiranmu, atau coba tuliskan sederetan hal penting sebagai pengingat biar kamu juga bisa bikin prioritas dalam schedule-mu. Biasanya itu akan membuat mu jadi lebih bersemangat. Kalo gitu kamu punya masalah dengan belajar (berkarya). Bolehjuga tuh dicoba ilustrasikan segala sesuatu yang bikin kamu suka, biar daya ingat kamu bisa terus meningkat dan jadi lebih kreatif lagi, hehehehe…
3) Aktifkan Otak Tengah
Apakah kalian tau kita punya yang namanya Otak Tengah??? Ini dia, satu lagi kedahsyatan Tuhan yang Maha Esa waktu menciptakan Manusia. Bagian Otak Tengah memang nggak sepopuler Otak Kiri dan Otak Kanan Loh??? Karena memang jarang digunakan secara sadar. Tapi, tahu nggak, ternyata Otak Tengah itu berperan dalam mengingat memori peristiwa atau sesuatu hal dengan mudah dan cepat, makanya perlu diaktifkan daya kerjanya.
Soalnya Otak Tengah biasanya bekerja pada saat alam bawah sadar kita aktif, misalnya saja di rest room. Setuju gak sih kalian kalo ingatan atau ide-ide canggih seringkali munculnya waktu kita lagi di rest room? Tapi, ada salah satu teknik untuk mengaktifkan Otak Tengah, coba hitung mundur angka ganjil mulai dari 100 sampai 1. Lakukan dengan daya ingatmu secepat mungkin, karena semakin cepat kamu menghitung semakin baik pula jalannya Otak Tengahmu, begitu juga sebaliknya.
Nggak percaya??? Mari kita Buktikan sendiri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s