BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MEMBERIKAN KONTRIBUSI PADA SEMAKIN SINGKATNYA BATAS WAKTU TRANSAKSI BISNIS

Posted On October 4, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

1. Manajemen Informasi

Manajemen Informasi adalah suatu sumber mempunyai pola yang sama yang dimana manajer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mendukung proses manajemen. Teknologi informasi sekarang ini berkembang dengan pesat. Pemanfaatan teknologi informasi ini sekarang sudah mencapai berbagai macam bidang kehidupan masyarakat kita. Seseorang yang masih awam dalam mengetahui teknologi informasi maka akan di cap kuno, oleh karenanya pengenalan akan teknologi sekarang ini sudah tidak hanya oleh kalangan terpelajar saja, tapi anak-anak dan orang tua pun sekarang ini seolah-olah tidak bisa dan tidak mau ketinggalan terus mempelajari teknologi informasi yang ada. Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpannya dalam bentuk data, mentrasformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada para pemakai informasi.Di Dalam dunia bisnis, teknologi informasi mempunyai dampak yang sangat  besar, misalnya suatu transaksi bisnis yang dicatat secara on-line akan diolah dan pada saat yang hampir bersamaan (real time) hasil pengolahan dan informasinya dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan nasabah Bank pada saat melakukan transaksi pada ATM.

Pada saat informasi menjadi sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi semakin menjadi mudah diperoleh tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dalam bisnis dengan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu. Dengan adanya teknologi informasi kita bisa melakukan transaksi bisnis dengan waktu yang singkat tetapi mendapat hasil yang memuaskan. Teknologi informasi banyak membantu manusia dalam mengenali dan memecahkan masalah. Kegunaan utama teknologi informasi adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan kreatifitas tinggi dan membantu manusia semakin efektif dalam memanfaatkannya. Tanggung jawab pemakai teknologi informasi akan memberikan peran penting dalam memaksimalkan kinerja teknologi informasi.

Teknologi informasi tidak bisa dipungkiri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan manusia. Mulai dari wahana teknologi informasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi, hingga internet dan telepon genggam dengan protocol aplikasi tanpa kabel (WAP), informasi mengalir dengan sangat cepat dan menyeruak ruang kesadaran banyak orang. Perubahan informasi kini tidak lagi ada dalam skala minggu atau hari atau bahkan jam, melainkan sudah berada dalam skala menit dan detik.

Ketersediaan informasi yang dapat diakses tanpa batas waktu secara “instant” melalui telepon rumah, telepon genggam, televisi, computer, jaringan internet dan berbagai media elektronik, telah menggeser cara manusia bekerja, belajar, mengelola perusahaan, menjalankan pemerintahan, berbelanja ataupun melakukan kegiatan perdagangan. Kenyataan demikian seringkali disebut sebagai era globalisasi ataupun revolusi informasi, untuk menggambarkan betapa mudahnya berbagai jenis informasi dapat diakses, dicari, dikumpulkan serta dapat dikirmkan tanpa lagi mengenal batas-batas geografis suatu Negara. Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi (disebut juga globalisasi).

Ketika internet makin popular di akhir tahun 1990-an banyak orang yang memasarkan bisnisnya menggunakan IT (Information Technology). Mereka menawarkan barang/jasa dengan lebih mudah dan cepat melalui website yang mereka gunakan. Karena dengan cara ini bisa di katakan lebih mempersingkat batas waktu transaksi bisnis terhadap masyarakat.

Tidak perlu adanya promosi (kampanye) dari tempat ke tempat. Asalkan produk yang kita miliki, mempunyai nilai tambah tersendiri dari sisi konteks, bisa berupa kemasan produk, cara pelayanan, dan cara penggunaan. Karena dengan cara memberikan penawaran produk yang kreatif itu merupakan salah satu nilai tambah yang bias membedakan produk kita dengan produk yang lain, karena makin tinggi kreatifitas yang kita tunjukkan maka makin tinggi persaingan bisnis yang kita hadapi.

Mungkin dahulu masih belum kebanyakan para pengusaha kecil kecilan mempromosikan bisnisnya melalui IT (Information Technology) menggunakan Internet,ada pun cara efektif yang lain untuk mempromosikan produk usahanya. Akan tetapi bagi yang masih belum bisa memanfaatkan ITM (Information Technology Moderen), kemungkinan para pengusaha kecil kecilan masih membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk mempromosikan produknya dengan cara penyebaran brosur dari rumah ke rumah atau kampanye dari tempat ke tempat, dan itu pun termaksud salah satu promosi juga akan tetapi itu pun tidak jadi masalah karena salah satu cara yang baik agar konsumen mengetahui keberadaan usaha dan menggiring mereka untuk membeli produk kita dengan adanya promosi.

Salah satu cara untuk mempersingkat waktu dan tenaga dengan cara, memperluas jaringan akan sangat membantu. Menurut Jakoep, minimal setiap orang harus memiliki 10 kali lipat network dari umurnya sekarang. Jika kita lihat secara rasional, ini memang sangat benar. Semakin besar network kita, semakin besar pula kesempatan kita untuk bisa bersaing. Network tidak selalu identik dengan bantuan, tapi selalu dapat membuka kesempatan baru bagi usaha kita.

Peluang usaha yang bagus dapat didapatkan dari kemampuan kita menciptakan network. Menciptakan network saat ini jauh lebih mudah dari pada 10 tahun yang lalu, teknologi internet mampu membantu mempercepat proses networking anda. Mencari relasi, mencari kastemer, membangun bisnis, INTERNET mutlak diperlukan untuk kondisi saat ini. Maka dengan cara ini merupakan salah satu cara untuk mempersingkat batas waktu transaksi bisnis alangkah  lebih bagusnya jika kita dapat memanfaatkan ITM (Information Technology Moderen) sakarang ini.

2. Pemahaman Informasi

Selain mempunyai  pemahaman terhadap  computer, manajer modern harus pula memahami cara menggunakan informasi dalam manajemen.pengetahuian ini diistilahkan sebagai pemahana informasi atau information literacy dan membangun pada pemahaman computer.

3. Sistem Bisnis

Organisasi yang dikelola oleh manajer mingkin mempunyai tujuan keuntungan(profit);atau mungkin bersifat  tidak mencari keuntungan(nonprofit);  juga ia dapat bersifat (swasta);  dalam hal kerja sama atau dalam kepemilikannya, atau bersifat umum(public); bila ia memerlukan pemerintah. Di mana saat ini Banyak sekali para pengusaha bisnis berlomba-lomba untuk mengunggulkan produk usahanya yang paling dihebatkan dalam segala macam produk.  Di sini saya katakan bahwa salah satu faktor penting pebisnis untuk memenangkan persaingan adalah karakter. Maksudnya, karakter pebisnis yang bertanggung jawab dan responsif dalam menghadapi keadaan dan situasi bisnis sangat menentukan kesuksesan bisnisnya.

♥Berikut contohnya:

Semua tahap operasi bisnis sekarang ini dilaksanakan secara lebih cepat daripada sebelumnya. Dengan adanya teknologi informasi modern, batas waktu untuk transaksi bisnis menjadi semakin singkat. Contoh yang nyata dalam kehidupan kita ini adalah para wiraniaga yang melakukan pemasaran melalui telepon (telemarketing), untuk menghubungi para pelanggan mereka dalam beberapa detik. Kemudian perintah penjualan dikirim secara elektronik dari satu komputer ke komputer yang lainnya dan pabrik membuat jadwal pengiriman material agar tiba tepat pada waktunya.

dan contoh lainnya adalah sebagai berikut:

Sebagai contoh adalah seorang dari Indonesia mengirimkan sejumlah uang untuk anaknya yang sekolah di Australia, pada yang hamper bersamaan si anak langsung menerima uangnya lewat bank atau ATM. Perubahan harga saham sebuah perusahaan di Bursa Efek Jakarta hanya membutuhkan waktu kurang dari sepersepuluh detik untuk diketahui di Surabaya. Demikian juga pertandingan sepak bola dunia di Jerman, pada waktu yang bersamaan bisa disaksikan dari seluruh dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s